Tuesday, September 22, 2015

Struktur Dasar HTML

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Biasanya jika kita ingin membuat suatu yang luar biasa, tak dipungkiri lagi banyak proses yang harus dilalui atau dapat dikatakan sulit untuk dilakukan, maka dengan demikian kita harus mengetahui dasar nya terlebih dahulu sebelum memulai lebih jauh. Kemudian setelah mengetahui dasarnya, maka kita akan naik tingkatan lagi sehingga skill kita menjadi bertambah. Dan jika kita sudah memahami dasarnya, maka hal yang awalnya kita anggap sulit akan menjadi mudah. Seperi halnya membuat website, sebelum kita membuat website secara utuh, kita harus mengetahui dasarnya terlebih dahulu. Seperti yang akan saya sharing pada kali ini, yaitu struktur dasar html. 


Sebelumnya akan dijelaskan sedikit mengenai HTML itu sendiri.


Pengertian HTML

Menurut Wikipedia, HyperText Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markah yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi. Dengan kata lain, berkas yang dibuat dalam perangkat lunak pengolah kata dan disimpan dalam format ASCII normal sehingga menjadi halaman web dengan perintah-perintah HTML.

HTML atau kepedekan dari “Hypertext Markup Language” merupakan bahasa pemrograman dasar yang digunakan ketika akan membuat halaman web, baik web yang statis maupun web yang dinamis. HTML merupakan bahasa markup (markup language). Pada HTML terdapat berbagai tag atau elemen yang dapat digunakan untuk memformat sebuah dokumen dalam web.

Jadi, HTML yaitu bahasa pemrograman dasar untuk membuat sebuah web, yang bertujuan untuk menampilakan sebuah informasi guna menghasilkan tampilan yang terintegerasi.

Fungsi HTML

Berdasarkan pengertian HTML, banyak hal dan fungsi yang dapat dilakukan antara lain :
  • Mengontrol tampilan dari halaman web dan isinya.
  • Mempublikasikan dokumen secara online sehingga bisa di akses dari seluruh dunia.
  • Membuat list atau penomoran dari sekumpulan hal.
  • Menampilkan informasi dalam bentuk tabel.
  • Membuat Sebuah link yang digunakan untuk menuju dokument lain.
  • Membuat online form yang bisa di gunakan untuk menangani pendaftaran, transaksi secara online.
  • Menambahkan object-object seperti image, audio, video dan juga java applet dalam document HTML.    

Struktur HTML

A. Elemen

Elemen terdiri atas tiga bagian, yaitu tag pembuka, isi, dan tag penutup.Contonya untuk menampilkan judul dokumen HTML pada web browser digunakan element title, dimana: <title> ini adalah tag pembuka judul dokumen HTML.

B. Tag

Tag merupakan teks khusus (markup) berupa dua karakter "<" dan ">", sebagai contoh <body> adalah tag dengan nama body. Tag ditulis secara berpasangan, yang terdiri atas tag pembuka dan tag penutup (ditambahkan karakter "/" setelah karakter "<"), sebagai contoh <body> ini adalah tag pembuka isi dokumen HTML, dan </body> ini adalah tag penutup isi dokumen HTML. Yang merupakan tag-tag dasar dalam HTML adalah:

- <html> </html>
Tag <html> dan </html> digunakan untuk menandai awal dan akhir dari suatu file HTML.

- <title> </title>
Tulisan yang berada diantara tag <title> dan </title> akan ditampilkan oleh browser pada bagian title dan merupakan title dari jendela browser.

- <head> </head>
Berisi keterangan informasi, seperti title dan jenis dokumen, ditulis diantara <head> </head>.

- <body> </body>
Bagian tag <body> </body> menandai awal dan akhir dari badan dokumen HTML. Tag ini memiliki sejumlah attribut yang dapat ditentukan.

Contoh :
<html>
            <head>
                         <title>Doc HTML </title>
            </head>
            <body> Selamat Datang di Website yang Anda buat</body>
</html>

C. Atribut

Atribut terdapat di dalam script sebuah elemen dan memberikan informasi tambahan tentang elemen. Atribut selalu ditentukan dalam tag awal Atribut ditulis dalam pasangan nama / nilai.
Nilai dari atribut harus selalu tertutup dalam tanda kutip. Tanda kutip ganda adalah yang paling umum, tapi gaya tanda kutip tunggal juga diperbolehkan. Dalam beberapa situasi, ketika nilai atribut itu sendiri berisi tanda kutip, maka perlu menggunakan tanda kutip tunggal Misalnya: name = 'Hai "Apa" Kabar'. Di bawah ini adalah daftar dari beberapa atribut yang dapat digunakan pada setiap elemen HTML : 


Dan yang terkahir, jika Anda ingin mencoba membuat sebuah website yang menurut Anda isinya tidak terlalu sulit, Anda bisa menggunakan HTML ini, dan Anda bisa menggunakan aplikasi Notepad, Notepad++, Adobe Dreamweaver dll sebagai media codingnya.

Mungkin hanya sekian yang dapat saya share, mohon maaf bila terdapat kesalahan dan kekurangan baik dari segi kata maupun penulisan.
Terima Kasih. Semoga Bermanfaat.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

0 komentar:

Post a Comment