Wednesday, January 18, 2017

VPN dan Tunnel

Assalamuallaikum 
WarahmatullahiWabarakatuh.


السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Selamat malam kembali dengan saya di blog yang sama, pada kesempatan kali ini saya akan sharing materi lagi dan pada kali ini di dalam satu artikel akan terdapat 2 materi yang akan saya jadikan satu artikel, supaya materi yang lain dan yang belum di bahas agar secepatnya dapat di bahas dan di publish di blog ini. Maka dari itu tetap stay dan ikuti perkembangan artikel yang akan terus di update setiap hari nya di blog ini ya hehe.

Oke pada artikel kali ini saya akan sharing deskripsi materi mengenai VPN dan Tunnel. Kedua materi ini sangat bersangkutan dan cocok deh pokoknya hehe, maka dari itu simak terus sampai artikel ini selesai yaaa...


Pengertian VPN (Virtual Private Network)
Apa yang dimaksud dengan VPN ? VPN merupakan singkatan dari Virtual Private Network, dari namanya sudah dapat terbayangkan bawah VPN adalah suatu koneksi aman antara suatu jaringan ke jaringan lain melalui jaringan internet (publik) secara private. Kenapa dikatakan Pivate Network ? Karena hanya orang tertentu saja yang dapat mengaksesnya. Data yang dikirim melalui VPN ter enkripsi sehingga data yang dikirim menjadi lebih aman dan rahasia, meskipun data tersebut dikirimkan melalui jaringan internet. Kenapa data yang dikirimkan melalui VPN aman ? Karena jawabannya ada dibawah ini.

Pengertian Tunnel
Tunnel adalah dasar dari VPN untuk membuat jaringan privat melalui jaringan internet, dan jika kita terjemahkan Tunnel artinya adalah terowongan, yup sesuai dengan namanya tunnel merupakan sebuah jalur (terowongan) khusus yang didalamnya dapat dilewati oleh data yang akan dikirim dan data tersebut dapat sampai ke tujuan tanpa tergangu oleh data lain yang dilewatinya. 

Tunnel itu hanya sebutan untuk jalurnya saja, sedangkan untuk prosesnya dinamakan tunneling. Tunneling sebenarnya menggunakan koneksi point to point dari sumber ke tujuannya. Kenapa disebut tunnel, karena kita membangun sebuah terowongan atau jalur khusus yang digunakan untuk mengirim sebuah data dari pengirim ke penerima, tetapi data tersebut sebenarnya juga melintasi jaringan umum. Namun dengan koneksi ini tidak memperdulikan paket - paket data lain yang sama melintasi jaringan umum, tetapi koneksi ini hanya melayani transportasi data dari pembuat koneksi atau jalur khusus (tunnel) tersebut.

Oiya tunelling pada VPN juga menggunakan enkripsi untuk melindungi data yang akan dikirim agar tidak dapat dilihat oleh orang lain, sehingga data tersebut akan terjamin akan keamanan dan kerahasiaannya.

Jadi jika kita menggunakan VPN dan didalam VPN tersebut kita menggunakan teknologi tunelling, maka data yang kita kirimkan akan terjamin keamanan dan kerahasiannya karena ibaratnya kita membuat sebuah jalur khusus (terowongan), dan jalur khusus tersebut hanya data milik kita saja selaku pembuat koneksi atau jalur khusus tersebut. 

Bayangkan saja jika kita ingin mengirimkan data suatu perusahaan yang sifatnya rahasia melalui jaringan umum, maka sudah dapat terbayangkan bahwa data tersebut rawan dari aksi pencurian data, maka dari itu kenapa data yang sifatnya rahasia harus dikirim menggunakan VPN dan Tunnel, supaya data yang kita kirim tersebut aman dan sampai kepada penerima tanpa terjadinya pencurian data.

Di dalam tunnel ini terdapat istilah yang nama nya IPSec, lalu apa yang dimaksud dengan IPSec ? Jadi IPSec adalah singkatan dari IP Security yang merupakan sebuah protocol yang digunakan untuk mengamankan transmisi datagram dalam sebuah internetwork berbasis TCP/IP. IPSec ini  mengenkripsi terhadap data pada lapisan yang sama dengan protocol IP dan menggunakan teknik tunneling untuk mengirimkan informasi melalui jaringan internet atau dalam jaringan intranet secara aman. Contohnya adalah sebagai berikut. 

1.) Transport Mode
Protocol menyediakan proteksi terhadap layer diatas IP layer. Layanan keamanan pada mode ini dilakukan dengan penambahan sebuah IPSec header antara IP header dengan header protocol layer diatas IP yang di proteksi.

2.) Tunnel Mode
Protocol diaplikasikan untuk menyediakan proteksi pada paket IP sehingga sekaligus melindungi layer diatas IP layer. Hal ini dilakukan dengan mengenkapsulasi paket IP yang akan diproteksi pada sebuah IP datagram yang lain.


Fungsi VPN (Virtual Private Network)
Setelah membaca kesana kemari, berikut adalah fungsi dari VPN (Virtual Private Server), yaitu :

1. Kerahasiaan
VPN (Virtual Private Network) sebenarnya menggunakan jaringan umum dan publik, dan dengan demikian jika kita mengirimkan suatu data yang sifatnya rahasia tentu saja dikhawatirkan data kita tersebut akan dicuri oleh orang lain. Tetapi VPN melakukan atau memakai metode enkripsi, sehingga setiap data yang lewat akan di enkripsi sehingga kerahasiaan data tersebut akan terjamin karena sudah terenkripsi (acak). Walaupun data itu berhasil dicuri, tetapi data tersebut sulit untuk dibaca karena sudah melewati proses enkripsi.

2. Keutuhan Data
VPN juga memiliki teknologi yang dimana teknologi itu akan menjamin keamanan dan keselamatan data dari awal dikirim hingga data itu diterima. Sehingga data yang dikirimkan dapat terhindar dari masalah seperti data rusak, hilang ataupun dimanipulasi.

3. Sumber Autentikasi
VPN juga mempunya kemampuan untuk meng autentikasi sumber, jadi VPN akan melakukan autentikasi terhadap sumber data yang akan diterimanya. Nah VPN ini ibarat kata apa ya, ibarat kata kepoin deh. Ya jadi VPN melakukan pemeriksaatn data dan dia akan mengakses dari sumbernya. Nah nanti bakal disetujin deh tuh sama VPN kalo autentikasi nya berhasil, dengan begitu VPN dapat menjamin deh data yang dikirim dan diterima asalnya dari sumber yang seharusnya, jadi tidak ada manipulasi atau pemalsuan data.

Mungkin itu aja yaa yang bisa saya sharing, udah cape soalnya nih hehe. Besok bakal update artikel dengan materi baru lagi, maka dari itu tetap ikuti perkembangan artikel yang ada di blog ini ya hehe. Sekian dari saya, mohon maaf bila ada salah salah kata dan penulisan.

Terima Kasih. Semoga Bermanfaat.

Wassalamuallaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

2 comments:

  1. Grab the best Christmas VPN Deal ever for just $1.34/month
    Ivacy VPN is offering an unbelievable Christmas VPN lifetime deal, unlike anything you have seen before!
    Enjoy 1825 days of complete online freedom with the internet right at your fingertips.

    ReplyDelete
  2. terima kasih ya min ^^ artikel ini benar benar sangat bagus dan bemanfaat untuk saya , bagus juga untuk orang yang belum paham atas artikel ini saya sangat terkesan akan artikel bagus dari anda , teruslah berkarya ya, semoga sukses dan sehat selalu

    bandarq terpercaya
    agen domino teraman dan terpercaya

    mohon maaf jika ada salah saya dalam tulisan, terima kasih dan salam hormat terdalam saya ya min

    ReplyDelete