Monday, January 23, 2017

Router dan Switch

Assalamuallaikum 
WarahmatullahiWabarakatuh.


السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Selamat pagi semua, ketemu lagi dengan saya di blog yang sama. Setelah menikmati weekend akhirnya kita kembali beraktifitas seperti biasa lagi di hari Senin yang cerah, sebelumnya saya sudah sharing mengenai deskripsi beberapa materi. Pada materi hari ini saya juga akan sharing lagi deskripsi mengenai Router dan Switch, nah pada kali ini saya akan membahas hardware yang biasa digunakan untuk membangun sebuah jaringan. 

Mungkin sudah banyak juga yang paham dengan Router dan Switch, dan mungkin juga belum ada yang paham. Maka dari itu ikuti terus artikel ini, dan di blog ini juga bisa sebagai media kita untuk melakukan sharing. Untuk itu apabila saya selaku penulis ada salah dalam materi yang saya sharing, maka silahkan beri komentar yang sifatnya membangun. Karena saya juga masih dalam proses belajar. Langsung aja bree..


Pengertian Router
Router adalah sebuah perangkat keras yang digunakan untuk mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau internet. Di dalam router terdapat banyak fasilitas yang disediakan oleh developer agar para konsumen dapat menggunakannya sebagai alat yang digunakan untuk membangun sebuah jaringan bahkan membagi jaringan tersebut, dan setiap router juga memiliki spesifikasi yang berbeda. Menggunakan router yang tepat sangat penting untuk jaringan komputer, maka dari itu kita harus benar benar mengetahui dan memahami tentang router, seperti jenis - jenis dan fungsinya. Dan setiap router memiliki spesifikasi yang berbeda, maka dari itu kita harus memahami tentang router agar apabila kita ingin membeli router, router tersebut akan sesuai dengan kebutuhan dan budget kita.
Fungsi Router
Fungsi Router ini sendiri adalah untuk menghubungkan 2 jaringan atau lebih untk meneruskan data darisatu jaringan ke jaringan lainnya. Router banyak digunakan dalam jaringan berbasis protokol TCP/IP. Router dapat digunakan untuk menghubungkan banyak jaringan kecil ke jaringan yang lebih besar, atau untuk membagi sebuah jaringan besar ke dalam beberapa subnetwork untuk meningkatkan kinerja kerja dan manajemennya. Router juga dapat digunakan untuk mengkoneksikan dua buah jaringan dengan media yang berbeda, seperti router wireless dibawah ini.


Nah diatas adalah router wireless, router wireless dapat menghubungkan laptop atau komputer menggunakan media radio dan juga ddapat menghubungkan laptop atau komputer menggunakan media kabel UTP.

Jenis - jenis Router
  • Static Router (Router Statis) : Router yang memiliki table routing statis, kenapa dikatakan statis ? karena administrator jaringan dapat melakukan routing secara manual terhadap router tesebut.
  • Dynamic Router (Router Dinamis) : Router yang memiliki table routing dinamis, dengan mendengarkan lalu lintas jaringan dan dan juga saling berhubungan dengan router lainnya.
Pada umumnya Router memiliki 2 fungsi tetapi ada fungsi lainnnya, yaitu sebagai berikut : 
  • Router Aplikasi : Merupakan sebuah aplikasi atau perangkat lunak yang dapat diinstall di sistem operasi kita, sehingga kita dapat menggunakan layaknya router. Contoh aplikasi router tersebut adalah WinRoute, WinGate, WinProxy dan lain - lain.
  • Router Hardware : Merupakan sebuah perangkat keras yang dapat digunakan untuk membangun jaringan dan membagi jaringan. Dengan menggunakan Router Hardware ini kita dapat menggunakannya untuk membagi IP Address.
  • Router PC : Merupakan sebuah komputer yang dimodifikasi sedemikian rupa sehingga dapat digunakan sebagai router.
Setelah mengetahui deskripsi mengenai Router, selanjutnya langsung saja kita bahas deskripsi mengenai Switch.

Pengertian Switch
Switch adalah sebuah alat (perangkat keras) yang digunakan untuk menghubungkan komputer - komputer atau sebagai alat yang digunakan sebagai repeater untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain.

Fungsi Switch 
Switch berfungsi untuk manajemen lalu lintas yang digunakan untuk mengirimkan data ke tujuan secara tepat.


Switch memiliki table CAM (Cable Addressable Conten) yang digunakan pada saat akan meneruskan frame. Dengan melihat CAM Table, Switch dapat menentukan ke port mana sebuah frame akan diteruskan, sehingga kemungkinan collision dapat terhindari. Switch juga memiliki 2 kategori, yaitu sebagai berikut :
  • Manageable Switch : Switch yang dapat dikonfigurasi, dan biasanya dilengkapi dengan protokol - protokol tambahan supaya dapat meningkatkan kinerja jaringan seperti Virtual Lan, Spanning Tree Protocol dan lain - lain.
  • Unmanageable Switch : Switch yang tidak dapat di konfigurasi, dan umumnya hanya memiliki fitur - fitur standar.
Jadi kesimpulannya dapat dilihat dari gambar dibawah ini .


Setelah kita melihat gambar diatas jadi kita dapat menganalogikan Router berbeda dengan Switch, Sebagai contoh Switch bisa dibilang merupakan suatu jalan, dan sedangkan router merupakan penghubung antar jalan. Masing - masing rumah berada pada jalan yang memiliki alamat dalam suatu urutan tertentu. Dengan cara yang sama, Switch menghubungkan macam - macam alat, dan setiap alat memiliki alamat IP sendiri pada sebuah LAN (Local Area Network).

Mungkin hanya sekian yang dapat saya sharing, mohon maaf bila banyak kesalahan dan kekurangan. 

Terima Kasih. Semoga Bermanfaat.


Wassalamuallaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

0 komentar:

Post a Comment