Monday, January 30, 2017

VoIP (Voice over Internet Protocol)

Assalamuallaikum 
WarahmatullahiWabarakatuh.

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Kembali lagi dengan saya di blog yang sama, setelah menikmati weekend atau akhir pekan untuk melepas penat sehingga tidak ada aktifitas sama sekali di blog ini. Akhirnya pada hari ini kita semua kembali bertemu lagi dengan hari Senin, sehingga kita bisa melakukan aktifitas kita seperti biasanya. Pada hari ini saya akan sharing deskripsi mengenai materi VoIP (Voice over Internet Protocol). Maka dari itu untuk mengetahui kegunaan dan fungsi VoIP ikuti terus artikel ini hingga terakhir (.). Langsung saja masuk ke pembahasan.


Pengertian VoIP 
Jadi apasih yang dimaksud dengan VoIP itu ? VoIP adalah singkatan dari Voice over Internet Protocol merupakan sebuah teknologi yang memungkinkan kita untuk melakukan percakapan jarak jauh melalui media internet. VoIP biasa disebut juga dengan IP Telephony, Internet telephony, atau Digital Phone. Dengan menggunakan VoIP sinyal suara yang biasa kita dengar melalui telepon diubah menjadi data digitial yang nantinya akan dikirimkan menjadi paket - paket data yang dikirimkan melalui jaringan internet secara real time, sehingga bukan melewati sirkuit analog telepon biasa.

Jika kita menggunakan VoIP dan ingin menggunakannya untuk melakukan hubungan telepon kita juga harus menggunakan terminal seperti PC ataupun telepon biasa. Dengan menggunakan VoIP ini kita dapat mendapatkan banyak keuntungan ketimbang kita menggunakan telepon konvensional. Sehingga jika  kita ingin melakukan komunikasi dalam ruang lingkup internasional kita dapat menghemat hingga 70%, karena VoIP ini menggunakan IP, dan IP ini bersifat global. Dan juga dengan menggunakan VoIP biaya maintenance yang dikeluarkan juga bisa ditekan, dikarenakan dalam VoIP voice dan data networknya terpisah, sehingga IP Phone dapat ditambah, dipindah dan diubah. Hal tersebut dikarenakan VoIP bisa dipasang disembarang ethernet dan IP Address, sehingga VoIP ini tidak seperti telepon konvensional yang harus mempunyai port sendiri di Sentral atau PBX (Private Branch Exchange).

Jadi pengertian VoIP secara singkat adalah suara yang dikirim melalui protokol internet (IP).

Fungsi VoIP
  • Signalling --> Berfungsi untuk menangkap jaringan yang dituju, sehingga dapat melakukan komunikasi baik pesan/telepon.
  • Database Service --> Berfungsi untuk mencari tujuan akhir/endpoint yang harus dituju, atau juga dapat digunakan sebagai penerjemah alamat yang biasanya digunakan dalam dua jaringan yang berbeda.
  • Call connect/Disconnect (Bearer Control) --> Berfungsi agar si penerima panggilan dapat memutuskan/menerima panggilan. 
  • Codecs Operation --> Berfungsi sebagai coder atau decoder yang mengubah sinyal suara menjadi sinyal data/paket data dan sebaliknya.
Perbedaan VoIP dengan Telepon Konvensional
Pada jaringan suara konvensional atau pesawat telepon, langsung terhubung ke PABX (Private Automated Branche Exchange) atau contoh singkat nya seperti milik Telkom apabila terhubung langsung dengan STO (Sentral Telepon Otomat) terdekat. Dalam STO tersebut terdaftar nomor - nomor telepon yang disusun secara bertingkat sesuai daerah cakupannya masing - masing. Sehingga apabila ada sebuah pesawat telepon yang mencoba melakukan panggiln ke pengguna lain, maka tuts pesawat telepon yang ditekan akan mengirimkan infomasi lokasi yang dituju melalui nada - nada DTMF (Persinyalan nada ganda multifrekuensi), kemudian jaringan akan menghubungkan kedua titik tersebut secara otomatis.

Sedangkan bentuk sederhana pada VoIP adalah dua komputer yang terhubung ke dalam jaringan internet, dengan syarat agar dapat berkomunikasi menggunakan VoIP komputer tersebut harus terhubung ke dalam jaringan internet, memiliki speaker dan mikrofon untuk melakukan percakapan telepon. Dan dengan dukungan perangkat lunak khusus, kedua komputer yang terhubung ke dalam jaringan internet dan sudah menggunakan perangkat lunak yang mendukung VoIP bisa bersama - sama terhubung dan berkomunikasi satu sama lain menggunakan VoIP.

Dengan menggunakan VoIP kita mendapatkan banyak keuntungan, kita bisa mengirimkan file, gambar, suara, bahkan bisa melakukan Video Call. Dan yang paling diutamakan atau yang paing ditekan dalam VoIP ini adalah dari segi komunikasi suara. Apabila jika kita ingin melakukan panggilan suara bahkan ke luar negeri sekalipun, kita akan tetap hemat baik dari segi biaya maupun lainnya. Karena VoIP ini bekerja melalui jaringan internet sehingga kita hanya perlu membeli pulsa internet saja, yang biasanya lebih murah dari pada pulsa telepon sambungan langsung jarak jauh (SLJJ) atau internasioanl (SLI).

Pada perkembangannya VoIP mengalami banyak evolusi. Bentuk peralatannya juga berkembang, yang biasanta menggunakan PC yang saling terhubung, tetapi peralatan lain seperti pesawat telepon dapat tehubung dengan jaringan VoIP. Perkembangan berikutnya adalah penggabungan jaringan PABX dengan jaringan VoIP, dan disini dibutuhkan VoIP Gateway. Gambarannya adalah lawan bicara menggunakan komputer untuk menghubungi sebuah office yang mempunyai VoIP Gateway dan untuk port yang digunakan jaringan VoIP ini adalah 5060 - 5061. Pengembangan ini adalah penggabungan antara PABX antara dua lokasi menggunakan jaringan VoIP. Tidak terlalu memperdulikan bentuk jaringan asalkan selama memakai protocol TCP/IP maka kedua lokasi akan saling terhubung.

Nah sekarang VoIP juga sedang hitzz atau populer nih guys haha dan pastinya akan terus dikembangkan seperti yang diatas ini nihh hehe.

Protokol pada VoIP
VoIP ini telah di implementasikan dalam berbagai macam jalan menggunakan hak milik dan standar serta protocol terbuka. Contoh protocol jaringan yang digunakan untuk mengimplementasikan VoIP meliputi :
  • H.323 --> Protocol yang berfungsi untuk menyediakan sesi komunikasi audio visual pada pada setiap paket jaringan.
  • Media Gateway Control Protocol (MGCP) --> Protocol komunikasi sinyal dan panggilan kontrol yang digunakan dalam suara. Protocol ini menerapkan media kontrol gerbang arsitektur protocol untuk mengendalikan media gateway di Internet Protocol (IP) jaringan yang terhubung ke publik beralih jaringan telepon (PSTN). 
  • Session Initiation Protocol (SIP) --> Merupakan protocol komunikasi untuk sinyal dan mengendalikan sesi komunikasi multimedia seperti panggilan suara dan video.
  • Real-time Transport Protocol (RTP) --> Standarisasi paket untuk mengirimkan audio dan video pada jaringan.
  • Session Description Protocol (SDP) --> Format untuk menggambarkan media streaming parameter inisialisasi. Dimaksudkan untuk menggambarkan sesi komunikasi multimedia untuk tujuan sesi pengumuman, sesi undangan dan negosiasai parameter.
  • Inter-Asterisk eXchange (IAX) --> Merupakan penduduk asli protocol komunikasi ke Private Branch eXchange (PBX) software Asterisk, dan didukung oleh beberapa softswitches lainnya, sistem PBX dan soft phone. Hal ini digunakan untuk mengangkut sesi telepon VoIP antara server dan perangkat terminal.
Kelebihan VoIP 
  • Biaya yang rendah, sekalipun melakukan panggilan jarak jauh.
  • Memanfaatkan infrastruktur jaringan data yang sudah ada untuk suara.
  • Penggunaan Bandwidth yang lebih kecil dari pada telepon biasa.
  • Memungkinkan digabung dengan jaringan telepon lokal yang sudah ada.
  • Berbagai jaringan VoIP dapat digabungkan menjadi jaringan yang besar. Contoh di Indonesia adalah VoIP Rakyat.
  • Variasi penggunaan alat yang ada, seperti dari PC ke telepon biasa.
Kekurangan VoIP
  • Kualitas suara tidak sejernih PSTN (Public Switched Telephone Network).
  • Ada jeda dalam berkomunikasi.
  • Jika tidak terhubung ke internet secara 24 jam maka harus melakukan janjian terlebih dahulu untuk saling berhubungan.
  • Tidak pernah ada jaminan kualitas jika VoIP melewati internet.
  • Berpotensi menyebabkan jaringan terhambat/Stuck.
  • Penggabungan jaringan tanpa ada kordinasi dengan baik maka akan menimbulkan kekacauan dalam sistem penomoran.
Mungkin hanya segitu aja ya yang bisa di sharing, jadi kesimpulannya VoIP itu sebuah teknologi yang memungkinkan kita dapat melakukan percakapan jarak jauh, untuk dapat menggunakan VoIP kita harus menggunakan perangkat lunak yang mendukung VoIP dan juga kita juga harus terhubung ke dalam jaringan internet. Dan juga jika kita menggunakan VoIP kita bisa lebih hemat dari pada menggunakan telepon konvesional biasa, dikarenakan VoIP menggunakan IP yang sifatnya global dan harus terkoneksikan ke dalam jaringan internet, maka kita hanya perlu membeli pulsa internet dari pada membeli pulsa telepon biasa yang biasanya harganya lebih mahal. Dan bayangkan jika kita ingin melakukan panggilan internasional, maka biaya yang kita keluarkan akan sangat besar, tetpai jika kita menggunakan VoIP kita hanya perlu membeli pulsa internet baik dalam bentuk kuota dan lainnya. Cukup sekian dari saya, mohon maaf bila banyak kesalahan dan kekurangan.

Ohiya hampir lupa bagi yang ingin mencoba konfigurasi dan menggunakan VoIP silahkan mampir kesini  dan kesini hehe.

Terima Kasih. Semoga Bermanfaat.


Wassalamuallaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

3 comments:

  1. terimakasih kak informasinya sangat bermanfaat
    Perkenalkan nama saya Mayang sari dari dari <a href="https://www.atmaluhur.ac.id>ISB Atma Luhur</a>

    ReplyDelete
  2. terimakasih kak informasinya sangat bermanfaat
    Perkenalkan nama saya Mayang sari dari dari ISB Atma Luhur

    ReplyDelete