Wednesday, January 18, 2017

VPS (Virtual Private Server)

Assalamuallaikum 
WarahmatullahiWabarakatuh.

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Selamat siang semua, ketemu lagi dengan saya. Pada kesempatan kali ini saya akan sharing lagi deskripsi mengenai materi VPS (Virtual Private Server) , mungkin diantara kita selaku warga atau masyarakat yang bergelut dunia IT pastinya sudah tidak asing lagi dengan VPS (Virtual Private Server), dan mngkin banyak juga yang belum mengetahui tentang VPS (Virtual Private Server), maka dari untuk lebih jelas nya silahkan ikuti terus artikel ini yaa, dan jangan lupa ikuti perkembangan artikel yang akan di update setiap harinya di blog ini hehe.


Pengertian VPS (Virtual Private Server)
VPS merupakan singkatan dari Virtual Private Server, sesuai dengan namanya VPS yaitu sebuah komputer server yang rahasia dan bersifat virtual (tidak nyata) atau dapat dikatakan server tersebut hanya terdapat di dunia maya. VPS dapat kita gunakan sebagai PC Pribadi dan kita dapat memiliki atau menggunakan VPS (server) kita tersebut asalkan kita sudah berlangganan baik bulanan atau tahunan. 

Kita dapat menyewa VPS (Virtual Private Server) sesuai dengan kebutuhan kita, layaknya kita ingin membangun sebuah PC, VPS (Virtual Private Server) juga seperti itu memiliki spesifikasi, seperti HardDisk, RAM, Processor bahkan Sistem Operasi (OS) yang akan kita gunakan seperti Windows, linux dan sebagainya. Bedanya kalau kita ingin membangun sebuah PC, PC kita terletak dirumah sedangkan VPS (Virtual Private Server) terletak di tempat penyedia layanan VPS (Virtual Private Server) itu sendiri. VPS (Virtual Private Server) bisa kita akses dimana saja dan kapan saja, karena VPS (Virtual Private Server) terhubung ke dalam internet selama 24 jam dengan kecepatan tinggi supaya si client dapat dengan mudah mengakses VPS yang disewanya.

Untuk mengakses VPS (Virtual Private Server), client cukup melakukan remote menggunakan software Remote Desktop Connection (RDC), dengan menggunakan PC atau Laptop pribadi milik si client itu sendiri. Nah kelemahan VPS (Virtual Private Server) biasanya agak lemot atau lambat disaat si client melakukan remote menggunakan laptopnya sendiri, biasanya itu terjadi karena koneksi yang digunakan si client ketika melakukan remote VPS (Virtual Private Server) itu sendiri, sedangkan VPS (Virtual Private Server) sudah di desain sedemikian mungkin dengan kecepatan internet yang tinggi dan dapat diakses selama 24 jam sekaligus agar client dapat dengan mudah mengakses VPS yang di sewanya.

VPS (Virtual Private Server) berasa seperti Dedicated Server, jika kita menggunakan VPS (Virtual Private Server) kita juga mendapatkan root akses sehingga kita selaku client dapat lebih leluasa menggunakan server sesuai dengan kebutuhan kita. Oiya kita juga sebagai pelanggan atau client tidak perlu repot - repot merawat Server virtual kita tersebut, karena perusahaan penyedia layanan VPS akan melakukan perawatan secara berkala terhadap VPS (Virtual Private Server) yang kita sewa. Dan juga kita bisa melakukan upgrade HardDisk, RAM dll, tentunya itu sesuai dengan kebutuhan kita dan pastinya sesuai dengan budget yang kita milik. 

Fungsi VPS (Virtual Private Server)
Ada banyak fungsi dari VPS, setelah membaca kesana - sini berikut adalah fungsi VPS (Virtual Private Server)

1. Dapat digunakan untuk menyimpan berbagai file yang dapat kita gunakan sendiri ataupun dibagikan kepada publik secara online. Kita dapat menyimpan file atau data tersebut baik melalui FTP maupun HTTP.

2. VPN (Virtual Private Network), merubah IP karena konten akan melewati VPS kita terlebih dahulu sebelum dikirim ke ISP dan selanjutnya ke komputer kita.

3. SSH Tunneling, yaitu mengubah IP menjadi IP VPS.
( Konten - VPS - ISP - Komputer kita )

4. Dapat digunakan untuk menyimpan data Web Server maupun Web Hosting, agar data web kita dapat diakses publik.

5. Digunakan untuk Proxy, yakni seperi VPN tapi tidak seleluasa VPN dalam penggunaannya.

6. Dapat digunakan sebagai Game Server, seperti Minecraft, RF Ol dll.

Mungkin hanya sekian yang dapat saya sharing mengenai materi VPS (Virtual Private Server), jika ada salah - salah kata mohon di maafkan dan dibimbing ke jalan yang benar hehe. Karena saya selaku penulis masih dalam proses belajar dan butuh bimbingan. Kurang lebih nya mohon maaf.

Terima Kasih. Semoga Bermanfaat.

Wassalamuallaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

1 comment: