Friday, June 9, 2017

LAB 2 | Konfigurasi Mail Client Windows Live Mail pada Windows Server 2012

Assalamuallaikum 
WarahmatullahiWabarakatuh.

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Selamat pagi semua, ketemu lagi dengan ane. Pada kesempatan kali ini ane mau sharing lagi dan materi yang mau ane sharing masih mengenai Mail Client pada Windows Server 2012. Jadi pada kesempatan kali ini yang akan digunakan sebagai Mail Client nya adalah Windows Live Mail.


Tentunya bagi yang belum melakukan Konfigurasi Mail Servernya silahkan berkunjung kesini terlebih dahulu, karena apabila jika ingin melakukan konfigurasi Mail Client ini harus sudah melakukan Konfigurasi Mail Servernya. Disini ane hanya melakukan pengujian di Server, dan pastinya supaya berhasil IP DNS diarahkan ke IP Address Server, ketika menggunakan client pun sama seperti itu. Jika di Server berhasil, maka di Client juga pasti berhasil. Oiya sebelumnya yang belum mendownload Windows Live Mail bisa dilihat di postingan sebelumnya tepatnya disini.

1.) Install Windows Live Mailnya terlebih dahulu, untuk caranya seperti menginstall aplikasi biasa dengan melakukan double klik pada installer aplikasi, atau dengan Run as administrator. Kemudian akan muncul tampilan Service agreementnya, untuk melakukan installasi kita perlu menyetujui Service agreementnya. Maka dari itu klik Accept untuk menyetujui atau meneriman Service agreementnya.


2.) Kemudian kita pilih Program apa saja yang ingin di install, disini kebutuhan ane hanya untuk Mail saja, jadi centang pada bagian Mail kemudian klik Install.


3.) Installasi program sedang berlangsung, tunggu hingga proses installasinya selesai.


4.) Apabila installasi sudah selesai, maka akan masuk ke tahap berikut ini. Untuk settingan ini kita langsung Continue saja, jadi tidak ada yang dicentang.


5.) Selanjutnya baru lah daftarkan user mail yang sudah kita punya. Disini domain yang ane punya rizky.net dan user yang ane miliki ada dua, yaitu ananda dan anandaduplicate. Untuk menambahkan user klik Add e-mail account. Kemudian akan muncul sebuah form, pada bagian E-mail address isikan dengan nama user yang diikuti dengan domain yang kita miliki, kemudian pada password masukkan password sesuai yang sebelumnya kita buat pada pembuatan user di hMailServer, dan untuk display name terserah mau diisi nama apa. Jangan lupa tambahkan tanda centang untuk melakukan konfigurasi secara manual, kemudian klik Next.


6.) Kemudian muncul form lagi. Pada bagian My incoming mail server is a kita ubah menjadi IMAP, nanti portnya akan menyesuaikan. Selanjutnya pada bagian Incoming dan Outging server kita isi dengan IP Address server kita. Dan pada bagian Login ID isi dengan nama user yang diikuti dengan domain yang kita miliki, setelah itu klik Next.


7.) Kemudian akan muncul notifikasi bahwa kita berhasil mendaftarkan akun mail yang kita miliki, selanjutnya klik Finish.


8.) Berikut tampilan user ananda yang berhasil di daftarkan. Kemudian kita daftarkan juga user kedua nya, caranya masih sama, klik pada bagian Add e-mail account.


9.) Kemudian muncul form yang sama seperti sebelumnya, dan kita isi form tersebut untuk mendaftarkan user mail kita, disini pada bagian E-mail address isikan dengan nama user yang diikuti dengan domain yang kita miliki, kemudian pada password masukkan password sesuai yang sebelumnya kita buat pada pembuatan user di hMailServer, dan untuk display name terserah mau diisi nama apa. Jangan lupa tambahkan tanda centang untuk melakukan konfigurasi secara manual, kemudian klik Next.


10.) Isi form yang berikutnya. Pada bagian My incoming mail server is a kita ubah menjadi IMAP, nanti portnya akan menyesuaikan. Selanjutnya pada bagian Incoming dan Outging server kita isi dengan IP Address server kita. Dan pada bagian Login ID isi dengan nama user yang diikuti dengan domain yang kita miliki, setelah itu klik Next.


11.) Nah maka akan muncul notifikasi lagi bahwa kita berhasil mendaftarkan akun mail yang kita miliki, selanjutnya klik Finish.


12.) Disini kedua user yang ane miliki sudah ane daftarkan pada Windows Live Mail. Kemudian disini ane ingin mencoba mengirim pesan dari user ananda ke user anandaduplicate. Caranya klik nama usernya (ananda) --> New --> To (user tujuan anandaduplicate@rizky.net) dan masukkan isi dari pesannya --> Send.


13.) Setelah itu coba kita cek Inbox pada user anandaduplicate yang dikirimi pesan oleh user ananda. Ternyata pesan berhasil diterima oleh user anandaduplicate yang dikirim dari user ananda.


14.) Selanjuntya coba kita kirim balik dari user anandaduplicate ke user ananda. Caranya masih sama, klik nama usernya (anandaduplicate) --> New --> To (user tujuan ananda@rizky.net) dan masukkan isi dari pesannya --> Send.


15.) Sekarang cek lagi Inbox pada user ananda yang dikirimi pesan oleh user anandaduplicate. Ternyata pesan berhasil diterima oleh user ananda yang dikirim balik dari user anandaduplicate.

Mungkin hanya sekian yang dapat ane sampaikan, mohon maaf bila banyak kesalahan dan kekurangan baik dari segi kata maupun penulisan. 
Terima Kasih. Semoga Bermanfaat.

Wassalamuallaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

1 comment: