Friday, January 20, 2017

FTP dan SFTP

Assalamuallaikum 
WarahmatullahiWabarakatuh.


السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Kembali lagi dengan saya, di blog yang sama dengan artikel baru yang kan di update setiap harinya. Tadi saya sudah sharing deskripsi mengenai Telnet dan SSH, dan pemenangnya adalah si SSH hehe. Kemudian pada artikel kali ini saya kan sharing lagi deskripsi mengenai FTP dan SFTP, mungkin kalo FTP sudah tidak asing lagi bagi kita, tapi kalo SFTP ? mungkin sudah ada yang mengetahui keduanya bahkan ada yang beum mengetahui tentang keduanya, maka dari itu untuk mengetahui apa itu FTP dan SFTP tetap baca terus sampai titik (.) terakhir di artikel ini yaa hehe.


Pengertian FTP (File Transfer Protocol)
FTP merupakan singkatan dari File Transfer Protocol dan merupakan sebuah protocol internet yang berjalan dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pengiriman berkas (file) komputer antar mesin - mesin Antarjaringan. (wikipedia)
Jadi jika kita pernah melakukan upload dan download itu semua adalah peran dari FTP, dengan adanya FTP kita bisa melakukan upload dan download file antara  FTP Client dan komputer FTP Server.

FTP Server biasa bertugas untuk memberikan layanan kepada client untuk melakukan pengiriman atau melakukan pertukaran data kepada FTP Client, dengan syarat FTP Client harus melakukan request kepada FTP Server. Sedangkan FTP Client biasanya yang meminta layangan untuk melakukan pengiriman atau melakukan pertukaran data ke FTP Server.

FTP (File Transfer Protocol) ini menggunakan sebuah protocol yang biasa digunakan untuk melakukan komunikasi data antara Client dan Server, protocol yang digunakan yaitu TCP (Transmission Control Protocol) lebih tepatnya FTP menggunakan port 21.

Fungsi FTP (File Transfer Protocol)
Fungsi dar FTP (File Transfer Protocol) adalah sebagai alat atau cara yang digunakan untuk mempermudah kita melakukan transfer file unggahan (upload) dan unduhan (download), dengan adanya FTP ini kita juga bisa berbagi atau sharing file kepada pengguna lain asalkan pengguna tersebut bisa mengakses FTP (File Transfer Protocol)

Cara Kerja FTP (File Transfer Protocol)
FTP (File Transfer Protocol) hanya menggunakan autentikasi standar, yaitu menggunakan username dan password yang dikirim dalam bentuk tidak terenkripsi. Pengguna terdaftar dapat menggunakan username dan passwordnya untuk mengakses FTP, setelah pengguna dapat melakukan Login atau dapat dikatakan pengguna mendapat akses. Maka setelah itu pengguna bisa melakukan unggah (upload) dan unduh (download) berkas - berkas yang ia inginkan. Umumnya, setelah pengguna berhasil melakukan login, pengguna tersebut mendapatkan akses penuh terhadap beberapa direktori, sehingga pengguna dapat membuat berkas, membuat direktori, dan bahkan dapat menghapus berkas dan direktori. Sedangkan untuk pengguna yang belum terdaftar dapat mengakses  FTP menggunakan metode anonymous login, dengan menggunakan nama pengguna anonymous dan password diisi menggunakan alamat e - mail. Di dalam FTP Server kita selaku Adminserver juga bisa membuat FTP anonymous yang artinya FTP yang bisa diakses tanpa menggunakan user tertentu dan FTP Authentication User yang artinya FTP yang menggunakan username dan password untuk melakukan login dan dapat mengakses FTP tersebut. Bagi yang ingin mencoba konfigurasi FTP baik anonymous dan Authentication User, silahkan berkunjung ke sini dan ke sini aja dulu hehe. Numpang promosi ya hehe.

Sebuah Client FTP merupakan aplikasi yang dapat mengeluarkan perintah - perintah FTP ke sebuah server FTP, sementara server FTP adalah sebuah Windows Service atau daemon yang berjalan diatas sebuah komputer yang merespon perintah - perintah dari sebuah Clent FTP. Perintah - perintah FTP dapat digunakan untuk merubah direktori, mengubah modus pengiriman antara biner da ASCII, mengunggah berkas ke server FTP, serta mengunduh berkas dari server FTP. 
Sebuah server FTP dapat diakses denga menggunakan Universal Resource Identifier (URI) dengan menggunakan format ftp://nameserver. Client FTP dapat menghubungi Server FTP menggunakan URI (format tersebut).

Itulah sedikit deskripsi mengenai FTP (File Transfer Protocol), selanjutnya akan di lanjutkan dengan deskripsi SFTP (Secure File Transfer Protocol)

Pengertian SFTP 
SFTP merupakan singkatan dari Secure File Transfer Protocol, SFTP ini sama seperti FTP yaitu sebagai metode yang digunakan untuk mentransfer file. Hanya saja SFTP ini mentransfer file melalui SSH. Sesuai dengan nama nya yaitu SFTP (Secure File Transfer Protocol) dikarenakan protocol ini dirancang untuk melakukan manajemen file, transfer file dan fungsi akses lain yang lebih aman dari protocol sebelumnya yaitu FTP. SFTP ini adalah kombinasi dari FTP dan SCP, sehingga terdapat kombinasi fleksibilitas FTP dan keamanan SCP.

Ini suatau pembaruan yang sangat bagus dari pendahulunya yaitu FTP (File Transfer Protocol), yang digunakan hanya untuk melakukan transfer file. Dan dibandingkan dengan protocol sebelumnya yaitu SCP, SFTP ini memungkinkan kita dapat melakukan remote file atau dapat dikatakan protocol transfer file jarak jauh.

Sedangkan SCP (Secure Copy) ini adalah sebuah protocol dan didalamnya juga terdapat program untuk melakukan penyalinan aman.

Jadi dengan adanya kombinasi antara FTP dan SCP ini kita dapat melakukan transfer file dengan terjamin keamanannya, dan juga kita dapat memungkinkan melakukan remote file atau dapat dikatakan transfer file jarak jauh. Jadi SFTP ini merupakan sebagai penyedia layanan yang menyediakan akses file, transfer file, dan fungsi manajemen diatas data yang terpercaya dan bahkan manipulasi file. Sedangkan SCP ini digunakan untuk memberikan transfer data yang kedap dari gangguan, karena SCP mempunyai program yang dapat melakukan penyalinan aman.

Mungkin hanya sekian deskripsi yang dapat saya sharing, mohon maaf bila terdapat kesalahan baik dari kata kata dan tulisan. 

Terima Kasih. Semoga Bermanfaat.

Wassalamuallaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

1 comment: