Thursday, May 25, 2017

[CentOS 7] LAB 9.2 Installation phpPgAdmin for PostgreSQL

Assalamuallaikum 
WarahmatullahiWabarakatuh.

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Selamat siang, ketemu lagi dengan ane. Pada siang hari ini ane mau sharing mengenai Installasi phpPgAdmin. Kalau semalem ane sudah sharing bagaimana cara install database nya yaitu PostgreSQL, nah sekarang ane mau sharing cara install phpPgAdmin pada database PostgreSQL ini.


Jadi phpPgAdmin ini merupakan PostgreSQL yang dapat diakses client melalui web browser, jadi si client dapat membuat database, table dan lain sebagainya tanpa harus ribet membuatnya dengan cara mengetik secara manual. Jadi dengan dengan adanya phpPgAdmin ini sangat mempermudah untuk membuat keperluan database.

Oiya sebelumnya jika ingin melakukan konfigurasi, pastikan server sudah terinstall Apache dan PHP. Bagi yang belum mengetahui cara installasinya, silahkan mampir kesini dan kesini.

Untuk topologi yang ane gunakan adalah sebagai berikut.


Untuk langkah - langkah konfigurasinya adalah sebagai berikut.

Konfigurasi Server

1.) Untuk menginstall phpPgAdmin kita memerlukan repo epel, maka dari itu kita perlu menginstall repo epel terlebih dahulu. Untuk menginstall repo epel dibutuhkan koneksi internet, dan pastikan server sudah terkoneksi ke jaringan internet. Untuk menginstall repo epel bisa menjalankan perintah
yum install epel-release -y
Pastikan installasi berjalan hingga Complete!. 


2.) Setelah itu barulah install phpPgAdmin dan beberapa paket dependencies seperti php-pgsql
yum --enablerepo=epel -y install phpPgAdmin php-pgsql
Dan pastikan installasi berjalan hingga Complete!. 


3.) Kemudian edit file config.inc.php yang terletak di directory /etc/phpPgAdmin. Untuk membuka file bisa menajalankan perintah
nano /etc/phpPgAdmin/config.inc.php
Setelah itu cari pada Line 18 tepatnya pada baris $conf['servers'][0]['host'] dan ubah value yang tadinya null atau kosong menjadi localhost. Mengapa diubah menjadi localhost ? Karena disini PostgreSQL dan phpPgAdmin berada dalam satu server yang sama.


4.) Setelah itu cari lagi pada Line 35 dan 36, disitu kita perlu mengatur path pg_dump_path dan pg_dumpall_path ke directory pg_dumb pada aplikasi PostgreSQL. Apabila kita tidak mengatur lokasi pathnya maka nanti phpPgAdmin pada PostgrSQL ini tidak dapat berjalan dengan semestinya.

pg_dump : /opt/rh/rh-postgresql95/root/usr/bin/pg_dump
pg_dumpall :/opt/rh/rh-postgresql95/root/usr/bin/pg_dumpall


5.) Cari lagi pada Line 93. Disitu kita nonaktifkan extra_login_security dengan mengubah valuenya menjadi false. Mengapa valuenya diubah menjadi false ? Karena jika masih true nantinya akan memungkinkan kita tidak bisa login ke PhpPgAdmin (Login disallowed for security reasons) yang artinya tidak bisa login phpPgAdmin karena alasan keamanan.


6.) Cari lagi pada Line 99. Disitu kita ubah value yang tadinya false menjadi true, supaya hanya Owner atau pemiliknya saja yang dapat login dan mengaksesnya.
Kemudian kita save dengan menekan CTRL + X --> Y (Yes).


7.) Kemudian kita edit file pg_hba.conf yang terletak pada directory /var/opt/rh/rh-postgresql95/lib/data. Untuk membuka file bisa menjalankan perintah
nano /var/opt/rh/rh-postgresql95/lib/data/pg_hba.conf
Kemudian cari pada Line 80,  lalu uncoment setiap host yang ada dan atur methodnya menjadi md5, akan tetapi pada baris local biarkan saja methodnya default, kemudian tambahkan satu host dibawah local, dan ip addressnya diisi dengan ip loopback, dan host di bawahnya masukkan ip network yang digunakan oleh server.
Kemudian kita save dengan menekan CTRL + X --> Y (Yes).



8.) Selanjutnya edit file phpPgAdmin.conf yang terletak di directory /etc/httpd/conf.d. Untuk membuka file jalankan perintah 
nano /etc/httpd/conf.d/phpPgAdmin.conf
Cari pada Line 11 dan atur ip network mana yang dapat mengakses. Hal ini digunakan agar tidak semua orang dapat mengakses phpPgAdmin. Maka dari itu kita perlu menambahkan baris Require ip yang disertai dengan ip network server didalam tag IfModule mod_authz_core.c 
Kemudian kita save dengan menekan CTRL + X --> Y (Yes).


9.) Setelah itu restart httpd dan postgresql nya supaya konfigurasi dapat berjalan dengan baik
systemctl restart httpd rh-postgresql95-postgresql


10.) Kemudian izinkan SELinux Boolean agar dapat mengakses database melalui website
setsebool -P httpd_can_network_connect_db on

Verifikasi Client

1.) Pastikan DNS pada client sudah di arahkan ke IP Server. Jika sudah kemudian buka web browser, dan pada URL pencarian kita coba akses baik menggunakan IP Address Server atau dengan menggunakan nama domain dan diakhiri dengan /phpPgAdmin/. Kalau disini ane menggunakan nama domain. Jika berhasil maka akan muncul tampilan login. Kemudian kita login menggunakan user yang pertama kali ane buat yaitu "rizky".


2.) Nah berhasil login deh, nah kok kosong ? Iya karena pada lab sebelumnya semua database dan table pada user ini telah dihapus. Maka apabila kita sudah bisa melakukan login pada phpPgAdmin ini, kita bisa melanjutkan keperluan kita seperti membuat database, table dan lainnya.

Mungkin hanya itu saja yang dapat ane sharing. Mohon maaf bila banyak kesalahan dan kekurangan baik dari kata dan penulisan.
Terima Kasih. Semoga Bermanfaat. 

Wassalamuallaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

0 komentar:

Post a Comment