Saturday, June 3, 2017

[CentOS 7] LAB 9.8 Installation phpMyadmin for MySQL

Assalamuallaikum 
WarahmatullahiWabarakatuh.

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Ketemu lagi kan, udah lah udah kesiangan nih hehe. Gausah basa - basi lagi, kalau sebelumnya ane sharing mengenai cara installasi MySQL, dan sekarang yang mau ane sharing mengenai cara installasi phpMyAdmin. Jadi untuk MariDB dan MySQL ini untuk Web Database nya sama - sama menggunakan phpMyAdmin.


Jadi phpMyAdmin adalah perangkat lunak bebas yang ditulis dalam bahasa pemrograman PHP yang digunakan untuk menangani administrasi MySQL melalui Jejaring Jagat Jembar (World Wide Web). phpMyAdmin mendukung berbagai operasi MySQL, diantaranya (mengelola basis data), tabel-tabel, bidang (fields), relasi (relations), indeks, pengguna (users), perizinan (permissions), dan lain-lain). Jadi intinya dengan menggunakan phpMyAdmin ini kita tidak perlu repot - repot untuk membuat database, table dan lainnya secara manual atau menggunakan command atau syntax. 

Sebelumnya jika ingin melakukan konfigurasi, pastikan server sudah terinstall Apache dan PHP. Bagi yang belum mengetahui cara installasinya, silahkan mampir kesini dan kesini

Dan untuk topologi yang ane gunakan adalah sebagai berikut.


Untuk cara konfigurasinya bisa dilihat langkah -langkahnya sebagai berikut.

Konfigurasi Server

1.) Untuk menginstall phpMyAdmin kita memerlukan repo epel, maka dari itu kita perlu menginstall repo epel terlebih dahulu. Untuk menginstall repo epel dibutuhkan koneksi internet, dan pastikan server sudah terkoneksi ke jaringan internet. Untuk menginstall repo epel bisa menjalankan perintah 
yum install -y epel-release 
Pastikan installasi berjalan hingga Complete!.


2.) Setelah itu install phpMyAdmin dan beberapa paket dependencies seperti php-mysql dan php-mcrypt 
yum --enablerepo=epel -y install phpMyAdmin php-mysql php-mcrypt 
Dan pastikan installasi berjalan hingga Complete!.


3.) Edit konfiguras pada file phpMyAdmin.conf yang terletak pada directory /etc/httpd/conf.d. Untuk membuka file jalankan perintah 
nano /etc/httpd/conf.d/phpMyAdmin.conf 
Kemudian cari pada Line 17. Disitu tambahkan IP Network yang diizinkan untuk mengakses phpMyAdminnya.


4.) Dan cari lagi pada Line 34. Disitu juga tambahkan IP Network yang diizinkan untuk mengakses phpMyAdminnya.


5.) Setelah itu restart service httpd (Apache), supaya konfigurasi dapat berjalan dengan baik 
systemctl restart httpd

Verifikasi Client

1.) Pastikan DNS pada client sudah di arahkan ke IP Server. Jika sudah kemudian buka web browser, dan pada URL pencarian kita coba akses baik menggunakan IP Address Server atau dengan menggunakan nama domain dan diakhiri dengan /phpMyAdmin/. Kalau disini ane menggunakan nama domain. Jika berhasil maka akan muncul tampilan login. Kemudian kita login menggunakan user yang ada, disini ane menggunakan user root beserta passwordnya.


2.) Dan berhasil login deh. Maka apabila kita sudah bisa melakukan login pada phpMyAdmin ini, kita bisa melanjutkan keperluan kita seperti membuat database, table dan lainnya.

Mungkin hanya sekian yang dapat ane sharing, mohon maaf bila kanyak kekurangan dan kesalahan baik dari segi kata maupun penulisan.
Terima Kasih. Semoga Bermanfaat. 

Wassalamuallaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

0 komentar:

Post a Comment