Wednesday, June 7, 2017

LAB 2 | Konfigurasi Mail Client Thunderbird pada Windows Server 2012

Assalamuallaikum 
WarahmatullahiWabarakatuh.

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Selamat malam semua, ketemu lagi dengan ane. Kalau sebelumnya ane sharing mengenai Konfigurasi Mail Server pada Windows Server 2012, sekarang ane mau sharing lagi mengenai Konfigurasi Mail Clientnya. Disini yang akan ane gunakan adalah Thunderbird


Sebelumnya bagi yang belum melakukan Konfigurasi Mail Servernya silahkan berkunjung kesini terlebih dahulu, karena apabila jika ingin melakukan konfigurasi Mail Client ini harus sudah melakukan Konfigurasi Mail Servernya. Disini ane hanya melakukan pengujian di Server, dan pastinya supaya berhasil IP DNS diarahkan ke IP Address Server, ketika menggunakan client pun sama seperti itu. Jika di Server berhasil, maka di Client juga pasti berhasil. Oiya sebelumnya yang belum mendownload Thunderbird bisa dilihat di postingan sebelumnya tepatnya disini.

1.) Buka aplikasi Thunderbird yang sebelumnya sudah di download, kemudian lakukan installasi. Pada step ini hanya berisi informasi mengenai installasi, klik Next saja.


2.) Pada tahap ini kita diminta untuk memilih tipe installasi Thunderbird, pada step ini kita pilih tipe Standard, kemudian klik Next.


3.) Pada step ini berisi informasi mengenai lokasi tempat penyimpanan installasi Thunderbird. Klik Install untuk melanjutkan installasi.


4.) Thunderbird berhasil di install, kemudian klik Finish.


5.) Selanjutnya kita Run Thunderbirdnya, kemudian akan muncul Pop-UP Welcome to Thunderbird. Disini kita akan menambahkan akun untuk user. Karena kita sudah mempunyai akun user, maka kita klik tombol Skip this and use my existing email.


6.) Kemudian masukkan data yang dimilik oleh user 1 ananda. Kemudian jika sudah selesai klik Done.


7.) Kemudian akan muncul jendela peringatan seperti gambar dibawah. Centang I understand the risks, lalu klik Done.


8.) Sekarang coba kita kirim pesan ke user ini sendiri, cara nya klik Write.


9.) Masukkan tujuan pengirim dan isi dari pesannya, kemudian kita kirim dengan klik Send di sebelah kiri atas.


10.) Maka akan muncul pesannya pada Inbox (pesan masuk) dari dirinya sendiri haha.


11.) Sekarang kita tambahkan user yang satunya dengan cara klik tanda strip tida garis di sebelah kanan --> Options --> Account Settings.


12.) Kemudian pilih Account Actions --> Add Mail Account.


13.) Selanjutnya masukkan data yang dimilik oleh user 2 anandaduplicate, kemudian klik Done.


14.) Maka akan muncul kembali jendela peringatan seperti gambar dibawah. Centang I understand the risks, lalu klik Done.


15.) Sekarang user anandaduplicate berhasil ditambahkan, sekarang coba lakukan pengiriman pesan dari user anandadupplicate ke user ananda.
Maka pesan berhasil dikirim oleh anandaduplicate dan diterima oleh ananda.


16.) Sekarang coba kita kirim balik dari user ananda ke user anandaduplicate.
Maka pesan berhasil dikirim oleh ananda dan diterima oleh anandaduplicate.


Mungkin hanya sekian yang dapat ane sampaikan, mohon maaf bila banyak kesalahan dan kekurangan baik dari segi kata maupun penulisan.
Terima Kasih. Semoga Bermanfaat. 

Wassalamuallaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

1 comment: